Menyikapi Perbedaan Mazhab

Diposting oleh abufawwaz | 17.58 | , | 0 komentar »

Bismillahirrohmanirrohim

Tanya:
Bagaimana seharusnya sikap seorang muslim terhadap perbedaan-perbadeaan mazdhab yang menyebar di berbagai golongan dan kelompok ?

Jawab:

Seorang muslim harus berpegang pada kebenaran, yaitu yang ditunjukkan oleh kitabullah dan sunnah Rosul-Nya serta loyal terhadap kebenaran dan mempertahankannya. Dirinya harus berlepas diri dari setiap golongan atau mazdhab yang bertentangan dengan kebenaran, serta tidak menyepakatinya.

Agama Allah hanya satu, yaitu jalan yang lurus, yakni beribadah hanya kepada Allah semata dan mengikuti Rasul-Nya, Muhammad saw. Dengan begitu yang diwajibkan kepada setiap muslim adalah berpegang kepada kebenaran tersebut dan teguh dalam melaksanakannnya, yaitu mentaati Allah dan mengikuti syariat-Nya yang diajarkan oleh Nabi-Nya, Muhammad saw. Semua dilakukan dengan penuh keikhlasan hanya karena Allah dan tidak memalingkan ibadah, sedikitpun, kepada selain-Nya. Karena itu, setiap mazdhab dan golongan yang menyelisihi kebenaran dan aqidah ini harus dijauhi. Seorang muslim harus berlepas diri darinya dan mengajak para penganutnya untuk kembali kepada kebenaran dengan bukti dalil-dalil syariat. Dalam menasehati mereka harus dilandasi sikap lembut dengan menempuh metode yang tepat dengan berbalut kesabaran.

Wallahu'alam

Sumber : Majmu’ Al-Fatawa wa al-maqalat Al-Mutanawwi’ah, juz V hal. 157-158,

Related Posts by Categories



Dapatkan artikel terbaru dengan memasukkan alamat email, anda akan menerima kiriman artikel langsung ke inbox: :

Delivered by FeedBurner

0 komentar

Posting Komentar